Minggu, 29 Desember 2019

Langkah Tepat yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

perkembangan bayi
Di dalam berumah tangga, masa kehamilan merupakan saat yang paling dinanti dan diimpikan oleh semua pasangan. Jadi,pada waktu kehamilan itu hadir, maka keluarga tersebut akan merasa sangat bahagia. Sebab, mereka akan memiliki seorang anak untuk melengkapi kehidupan rumah tangga mereka yang selama ini sepi. Sebagai seorang Ibu harus mengetahui dan memahami tahapan dalam Kehamilan. 

Bidan Sela sebagai salah satu bidan di Bandung yang profesional mengatakan bahwa bagi ibu yang sedang hamil, menjaga kandungan sangatlah penting supaya perkembangan bayi di dalam kandungan sehat dan tanpa ada kendala saat dilahirkan. Hindari kebiasaan yang tidak sehat dalam aktivitas sehari-hari, seperti merokok dan begadang karena kegiatan tersebut rentan menimbulkan masalah yang berdampak pada bayi di dalam kandungan. 
perkembangan bayi
Pola Hidup dan Langkah-Langkah yang Perlu diterapkan oleh Ibu Hamil

Setiap Ibu yang sedang hamil diharuskan menerapkan pola hidup sehat selama hamil untuk menghindari berbagai risiko yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Berbagai pola hidup serta langkah-langkah yang perlu diterapkan ibu hamil, antara lain:

Usahakan Selalu Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi Seimbang

Dalam hal ini kehamilan menjadi masa dimana ibu yang hamil diharuskan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat, terutama dari pola makanannya. Sebab, makanan yang dikonsumsi oleh ibu maka juga ikut dikonsumsi oleh bayi yang ada di dalam kandungan. Tercukupinya jumlah nutrisi yang diperoleh ibu hamil tidak dilihat dari banyaknya makanan yang dikonsumsi, tetapi dari kandungan protein, kalsium, dan mineral yang ada di dalam makanan tersebut. Oleh sebab itu, ibu yang hamil perlu memilih makanan sebaik mungkin sebelum Dikonsumsi.

Jangan Olahraga yang Terlalu Ekstrim

Agar si bayi tetap sehat, maka selama masa kehamilan Bunda disarankan untuk berolahraga secara teratur untuk memperlancar proses persalinan, terutama persalinan secara normal. Namun, Bunda juga harus teliti dan perhatikan jenis olahraganya terlebih dahulu. Hindari olahraga yang terlalu ekstrim yang beresiko dapat mengakibatkan keguguran, seperti push up, sit up, dan angkat beban.
Selalu Usahakan tidur yang cukup dan berkualitas

Apabila berbicara mengenai hidup sehat pada umumnya, maka setiap orang membutuhkan waktu tidur selama 6 - 8 jam per hari, Begitu juga dengan ibu yang sedang hamil juga membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari biasanya. Karena, tidur yang cukup dapat memulihkan tenaga, sehingga Bunda tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Selain tidur yang cukup, Bunda perlu mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar