Senin, 09 Desember 2019

Cara Untuk Mengetahui Suhu Basal Tubuh

Suhu Basal Tubuh
Tak mengherankan jika saat ini sudah banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kapan masa subur. Dan yang penting untuk diperhatikan untuk yang ingin hamil adalah, memeriksa masa subur salah satunya adalah dengan mengukur, atau mencatat perubahan suhu basal tubuh. Jika kamu belum mengerti suhu basal tubuh adalah kondisi suhu tubuh di pagi hari sebelum kamu bangun dari tempat tidur dan mulai beraktivitas. Umumnya perubahan suhu ini akan terjadi sekitar 12 hingga 24 jam setelah ovulasi atau masa subur tengah berlangsung. Untuk itu pengukurannya bukan untuk menentukan kapan kamu perlu berhubungan intim, tetapi untuk memberitahu kamu jika ovulasi itu sudah terjadi. 

Suhu Basal Tubuh

Melakukan Pengukuran Suhu Basal Tubuh Mendeteksi Ovulasi 

Biasanya suhu tubuh wanita ketika tak berovulasi yaitu 35,5ºC hingga 36ºC, tergantung pada individu hingga suhu tempat tinggalnya. Tetapi setelah telur sudah dilepaskan oleh indung telur (ovarium), rata-rata wanita akan mengalami kenaikan terhadap suhu basal tubuh sekitar 0,5ºC. Keadaan ini terjadi karena setelah ovulasi (peristiwa lepasnya telur dari indung telur yang merupakan masa subur), lalu indung telur akan mengeluarkan hormon progesteron. 

Sedangkan Hormon ini akan memanaskan segalanya pada tubuh kamu bahkan bekerja penuh untuk mempersiapkan lapisan rahim agar memungkinkan kehamilan. Makanya suhu basal tubuh akan terus naik hingga meningkat sekitar 0,5ºC sampai tepat sebelum kamu menstruasi, kemudian akan kembali normal. Apabila saat hamil, suhu tubuh akan tetap tinggi hingga melalui trimester pertama. Tetapi apabila suhu tubuh tidak mengikuti pola perubahan ini, maka ada kemungkinan kamu tengah mengalami masalah masa subur atau ovulasi. 

Cara Pengukurannya 

Dikarenakan adanya perbedaan suhu tubuh saat masa subur sangat kecil, maka kamu harus melakukan pengukuran menggunakan termometer spesial suhu basal tubuh. Termometer jenis merkuri untuk mengukur suhu basal tubuh memiliki jarak antara derajat jauh lebih besar dan mudah untuk dibaca. Dan jenis Termometer ini bisa digunakan dalam mulut atau di dubur. 

Kamu siapkan diagram grafik yang bisa kamu peroleh dari dokter ahli kandungan atau kamu bisa membuatnya sendiri. Untuk membuat grafik perubahan suhu yang tepat dan akurat, kamu harus mengukur temperatur tubuh sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Atau sebisa mungkin pengukuran suhu basal tubuh dikerjakan di waktu yang sama. Kamu bisa melakukan dengan cara meletakkan temperatur suhu basal tubuh di samping tempat tidur. Kemudian lakukan pengukuran sebelum kamu beranjak dari tempat tidur, berbicara, makan, minum, atau berhubungan seks dengan suami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar