Kamis, 29 Februari 2024

Inilah Sayur dan Buah yang Bagus Untuk Mata

Buah yang Bagus Untuk Mata

Sebagai indera yang berperan penting untuk menunjang apapun kegiatan yang dilakukan sehari-hari, kita tentu wajib untuk menjaga kesehatan mata. Caranya sebenarnya cukup mudah. Selain dengan mengistirahatkan mata setelah merasa lelah, mengkonsumsi sayuran dan buah yang bagus untuk mata juga mampu menjaga kesehatannya.


Lalu apa saja sih sayur dan buah-buahan yang bagus dan mampu menjaga kesehatan mata? Berikut beberapa diantaranya:


  1. Wortel

Sebagian besar orang pasti sudah tahu bahwa wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal tersebut karena kandungan Beta karoten, vitamin B6 dan C, kalsium, kalium, fosfor dan serat yang terdapat dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi Vitamin A.


Vitamin A sendiri memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan  mata kita. Selain itu, wortel juga berguna untuk melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh.


  1. Brokoli

Selain wortel, jenis sayuran lainnya yang mampu membantu menjaga dan merawat kesehatan mata adalah brokoli. Brokoli mengandung nutrisi yang bernama Zeaxanthin dan Lutein yang memiliki fungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. 


Perlu diketahui, dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin dan teratur mampu memperkecil resiko terkena katarak.


  1. Bayam

Tak hanya baik untuk menambah energi, mengkonsumsi bayam juga baik untuk menjaga kesehatan mata, lho! Hal tersebut karena bayam mengandung banyak Zeaxanthin dan Lutein. Selain itu, dalam  bayam juga terkandung  vitamin B6, C dan K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur dan klorofil, Vitamin C yang dapat  mencegah penyakit glaukoma.


  1. Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan lutein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Fungsi dari lutein sendiri yaitu untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular. 


Selain itu, alukat juga mampu berperan untuk menyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang membentuk Vitamin A agar bisa diserap tubuh dengan baik.


Itulah dia beberapa sayur dan buah yang bagus untuk mata. Pastikan untuk mencukupinya, ya! Jika terjadi masalah ringan pada mata seperti mata merah, kering atau iritasi, maka segera atasi dengan obat tetes mata Insto.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar