Senin, 06 Maret 2023

5 Tips Cicil HP Secara Bijak Agar Tidak Memberatkan


Berkeinginan memiliki HP impian secara kredit merupakan hal yang wajar. Pasalnya cicil HP memang memiliki beberapa kelebihan seperti bisa segera mendapatkan HP impian, menjaga kelancaran cash flow, dan membangun skor kredit yang bagus. Namun ada risiko yang mengintai apabila Anda tidak bijak dalam melakukannya. Bisa saja cicilan bulanan malah memberatkan Anda sehingga keuangan pun terganggu. Berikut ini diberikan beberapa tips mengajukan cicilan HP agar tidak memberatkan keuangan:

Pilih HP Sesuai Kemampuan Finansial

Anda memang boleh membeli apapun merek dan tipe HP yang diinginkan. Namun pastikan pilihan tipenya sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai Anda memilih HP mahal padahal penghasilan bulanan pas-pasan. Kebanyakan orang merekomendasikan cicilan 30% dari pendapatan per bulan. Jadi lihat berapa cicilan per bulan saat memilih tipe HP.

Bandingkan Harga di Beberapa Aplikasi

Setiap HP memang memiliki standar harga yang sama dari produsen. Namun aplikasi kredit menawarkan harga yang berbeda-beda. Anda harus mencari aplikasi yang menawarkan harga paling murah. Termasuk bunga cicilan bulannya juga sebaiknya yang ringan. Jadi Anda pun akan lebih diuntungkan.

Cari Promo

Ingin semakin untung? Anda bisa mencari promo yang ditawarkan oleh lembaga pembiayaan atau fintech. Biasanya mereka menawarkan promo berupa cashback. Jadi harga HP yang Anda beli terasa semakin terjangkau.


Pilih Tenor yang Tepat

Selain tipe dan harga HP, cicilan bulanan dipengaruhi oleh tenor yang dipilih. Semakin panjang tenor, maka semakin kecil cicilan yang harus Anda bayarkan. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa semakin panjang tenor, bunganya juga semakin besar. Jadi pertimbangkan pemilihan tenor dengan baik.

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tips terpenting yang wajib diterapkan yaitu membayar cicilan tepat waktu. Jadikan cicilan sebagai prioritas karena beberapa aplikasi atau fintech menerapkan denda. Semakin lama menunggak cicilan, maka semakin berat untuk dibayar. Selain itu, jika cicilan tidak dibayarkan maka HP yang Anda cicil akan dikunci sehingga tidak bisa dipakai. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berniat cicil HP. Selain itu, pastikan memilih lembaga pembiayaan terpercaya yaitu Kreditplus. Lembaga satu ini menawarkan kredit HP tanpa DP maupun kartu kredit. Sangat mudah bukan? Selain itu, Anda juga bisa mengajukannya melalui aplikasi Kreditplus Mobile secara online. Tenang saja, suku bunga yang ditawarkan juga sangat kompetitif dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar