Jumat, 17 Mei 2024

Bingung Memilih Social Media Agency yang Tepat? Simak Disini Jawabannya!


Keberadaan media sosial kini seakan menjadi wadah baru untuk memasarkan sebuah brand, dengan lebih powerfull. Tak heran jika mengapa kini sudah mulai banyak bermunculan social media agency, yang bisa membantu para kliennya untuk mengelola akun media sosial mereka dengan lebih professional. 

Namun dengan banyaknya agensi yang bermunculan ini, tentu akan membuat Anda bingung dalam menjatuhkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu, artikel ini akan mencoba mengupas tentang berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa memilih agensi media sosial yang paling tepat. 

Bagaimana Memilih Agensi Media Sosial yang Tepat? 

Untuk bisa memilih social media agency yang tepat, maka bisa Anda lakukan berbagai cara sebagai berikut:. 

  1. Lakukan Riset Pribadi

Pertama, Anda bisa memulai pencarian agensi media sosial ini lewat berbagai sumber. Bisa dari mesin pencarian populer, jejaring sosial, ataupun meminta rekomendasi dari mitra bisnis Anda.

Carilah agensi yang sekiranya sudah memiliki pengalaman bekerjasama dengan ranah bisnis yang Anda geluti. Dengan demikian, Anda bisa melihat hasil kinerjanya dengan melihat perkembangan bisnis klien mereka sebelumnya. . 

  1. Pertimbangkan Reputasinya

Dengan memeriksa reputasi dari sebuah agensi media sosial, bisa menjadi suatu hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Cari tahu berbagai ulasan serta testimoni dari orang-orang yang sudah lebih dulu bekerjasama dengan mereka. 

Agensi dengan reputasi yang baik, tentu saja bisa menjadi sebuah indikator bahwa mereka bisa diandalkan, serta dapat memberikan hasil kinerja yang lebih memuaskan. 

  1. Cari Tahu Kompetensi dari Agensinya

Sebisa mungkin carilah informasi tentang kompetensi dari sebuah agensi media sosial yang mau Anda ajak kerjasama. Pastikan tim yang tergabung didalamnya, sudah memiliki pengetahuan mendalam tentang dunia social media marketing dan elemen digital marketing lainnya. 

Penting juga untuk meninjau sepak terjang mereka selama ini, apakah bisa mengikuti perkembangan tren, mampu menyesuaikan dengan permintaan pasar terkini, dan lain sebagainya. 

  1. Cari Tahu Pendekatan Strategi Marketingnya

Fakta berbicara bahwa, setiap agensi akan memiliki pendekatan marketing yang berbeda-beda. Dengan demikian, penting untuk melakukan peninjauan terhadap pendekatan strategi marketing yang biasa agensi tersebut jalankan. 

Pastikan bahwa cara mereka melakukan kampanye atau promosi, sudah sejalan dengan nilai-nilai atau norma-norma yang sudah brand Anda tanam hingga saat ini. Sebab ini akan menjadi wajah dari brand Anda sendiri dalam dunia digital.  

  1. Anggaran yang Sesuai

Ketika memilih sebuah agensi media sosial, penting untuk mempertimbangkan dulu besaran anggaran yang mau Anda keluarkan. Setidaknya uang yang telah dikeluarkan, bisa sebanding dengan apa yang menjadi tujuan brand Anda. 

Lakukan diskusi dengan agensi terkait deal harga yang cocok, dan pastikan tidak akan muncul lagi biaya tambahan ketika kerjasama sudah terlanjur berjalan.  

  1. Terjalinnya Komunikasi yang Baik

Salah satu indikator sebuah kerjasama bisa berjalan dengan baik, bisa dilihat dari lancarnya komunikasi antara kedua belah pihak. Dengan demikian, ketika Anda mau memilih sebuah agensi media sosial, pastikan mereka selalu menyediakan waktu untuk berbicara dengan Anda. 

Apakah agensi kedepannya akan mudah untuk dihubungi, seberapa responsifkah mereka menjawab segala pertanyaan Anda, dan masih banyak hal lainnya yang perlu untuk didiskusikan.  

Dengan memilih social media agency yang tepat, tentunya bisa menjadi sebuah permulaan yang sangat bagus untuk kemajuan brand Anda. Kalaupun Anda masih bingung dalam mencari agensi media sosial yang terbaik saat ini, maka bisa menjatuhkan pilihan kepada yang berpengalaman saja, seperti dari IDEOWORKS. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar